FIT FOR THE FUTURE

GUEST LECTURE [ August 27th2019]
Fit for the Future : A Sharing of Experience
Speaker : Ahmadsyah Alghozi Nugroho 


Halo gengs, perkenalkan nama saya gusrai, angkatan 2017 Informatika. Tanggal 27 agustus yang lalu, saya menghadiri kuliah tamu Fit for The Future : A Sharing of Experience dengan pembicara Pak Ahmadsyah dikarenakan kelas pengganti salah satu mata kuliah pada semester ini. Beliau merupakan lulusan sarjana informatika dari ITS dan magister di Universitas Indonesia yang sekarang bekerja sebagai data architect di salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia (shell). Beliau berbagi cerita dan pengalaman pekerjaannya dibalut dengan presentasi yang interaktif sehingga membuat kami tertarik untuk memperhatikan beliau. Ia menjelaskan betapa penting dan mahalnya data, jadi data tidak boleh dianggap remeh. Bahkan data termasuk barang yang didalam stock terhitung sangat bernilai (banyak dibutuhkan dalam segala hal yang terkait dengan media sosial). Lanjut cerita, Pak Ahmadsyah menjelaskan kepada kami semua bagaimana caranya memulai kehidupan pekerjaan.
 Pertama – tama, hal yang paling krusial adalah memiliki visi. Kita bisa mengimplementasikan pikiran kita untuk kedepannya dengan membuat vision board, dijadikan acuan kita (milestone) untuk bertindak kedepannya. Beliau juga berkata untuk mengambil setiap kesempatan yang ada dan berusaha setotal mungkin dalam menggunakan kesempatan yang ada. Karena pada tiap kesempatan yang ada, kita sendiri tidak akan tahu mata siapa yang memandang, orang mana yang menilai, diri siapa yang mengingat keberadaan kita, jadi harus penuh dalam menggunakan kesempatan yang ada. Personal branding juga dibutuhkan, kenapa? Karena personal branding adalah sesuatu yang dapat menunjukkan value kita di mata masyarakat luas, harus bisa menjadi flexible dan dapat mengikuti zaman. Relasi juga dibutuhkan, karena seperti yang Pak Ahmadsyah katakana, “saat bekerja, kita bukan hanya berhadapan dengan case dan teori teori yang pernah dipelajari saat bersekolah, namun yang kita hadapi adalah manusia, jadi  kita harus tau cara menghadapinya, dengan memiliki relasi kamu akan mendapatkan pengalaman serta koneksi. Ini nantinya akan membantu Anda untuk menemukan informasi terkait lapangan pekerjaan yang layak bagi anda. susunlah ide dan perencanaan matang
Selanjutnya melalui vision board, Anda perlu menyusun ide dan perencanaan matang terkait apa dan bagimana pekerjaan yang layak untuk Anda. Bisikkan dalam pikiran Anda tentang apa yang harus saya lakukan untuk sama depan nanti ?, apa saya bisa sukses ?, bagaimana proses bekerja yang akan saya kerjakan nanti ? dan lain sebagainya. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan muncul beberapa ide dan rencana yang matang, yang nantinya aka berguna untuk menentukan target dan tujuan, serta lebih responsif untuk menggapai masa depan yang cerah. jika Anda sudah menyusun ide dan perencanaan terkait masa depan Anda, berarti setidaknya Anda sudah memberikan gambaran jelas tentang target masa depan. Sekarang, saatnya bagi Anda untuk membulatkan keputusan untuk menggapai target yang sudah Anda buat dengan berusaha dan berusaha.

Comments

Popular posts from this blog

i-Kios Versi JAVA

IMAGE VIEWER In Java

Point of Sales